-->

Friday, January 29, 2016

5 Destinasi Laut Yang Wajib Kamu Kunjungi! Indonesia Punya

author photo
Tempat Wisata - Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beribu pulau, membuat negeri ini kaya akan wisata pantai dan laut. Kondisi yang menguntungkan sehingga membuat Indonesia memiliki banyak sekali tempat menyelam, snorkeling yang mempesona. Dari sabang sampai merauke, tempat-tempat menyelam ini menawarkan panorama seperti kehidupan laut, berbagai jenis terumbu karang, dan jenis ikan-ikan yang indah dan menggemaskan. 


Beberapa tempat menyelam yang menawarkan keindahan unik lainnya seperti kapal karam atau candi bawah laut. Tak ayal lokasi menyelam ini tak hanya dikagumi dan menarik wisatawan lokal, melainkan wisatawan mancanegara juga ikut menikmati keindahannya.

Penasaran destinasi laut yang indah ini berada di bagian Indonesia mana? Berikut rangkuman dari berbagai sumber:

Destinasi laut paling indah yang wajib kamu kunjungi, Indonesia punya.


1. Candi Bawah Laut Perairan Pemuteran, Bali

Tempat wisata di Indonesia yang menempati rangking pertama adalah perairan Pemuteran, Bali. Bagaimana ya rasanya mengunjungi tempat wisata candi yang berada di dalam laut? perairan Pemuteran Bali merupakan tujuan wisata yang pas buat Anda yang penasaran dengan wisata unik ini.
Candi Bawah Laut Perairan Pemuteran, Bali
source
Sensasi berbeda ketika menyelam dikarenakan disana terdapat surga buatan, yaitu bangunan candi yang sengaja ditenggelamkan untuk upaya konservasi. 
Candi Bawah Laut Perairan Pemuteran, Bali
source
Selain itu Anda juga bisa menikmati indahnya terumbu karang hasil transplantasi, menggunakan metode Biorock yang telah menghiasi dunia bawah laut perairan Pemuteran.

2. Biota Laut Terlengkap di Bunaken, Sulawesi Utara

Tempat wisata di Indonesia yang menempati rangking kedua versi solosoloku adalah perairan Bunaken, Sulawesi Utara. Siapa yang tidak kenal wisata Bunaken? 
Bunaken, Sulawesi Utara
source
Perairan Bunaken merupakan destinasi terindah dengan biota laut terlengkap, keanekaragaman biota laut di Bunaken mulai dari terumbu karang, ikan duyung, lumba-lumba, ikan purba choelacanth dan berbagai jenis ikan hias lainnya. 
Bunaken, Sulawesi Utara
source
Selain itu Bunaken merupakan tempat menyelam yang sudah terkenal sebagai salah satu destinasi menyelam paling indah di dunia. Dengan adanya taman laut di dalamnya Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter.

3. Surganya Terumbu Karang di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat

Tempat wisata di Indonesia yang menempati rangking ketiga versi solosoloku adalah Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Tak hanya keindahan dari pulaunya, pemandangan bawah laut di Kepulauan Raja Ampat juga tak kalah indah. Raja Ampat juga merupakan salah satu taman laut terindah di  dunia karena merupakan wilayah yang diakui sebagai lokasi dengan keanekaragaman biota laut tertinggi.
Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat
source

Terdapat 537 spesies terumbu karang (75 % dari total spesies terumbu karang di dunia), lebih dari seribu spesies ikan karang dan 700 jenis moluska. 
Raja Ampat, Papua Barat
source
Lokasi menyelam terbaik di Raja Ampat antara lain Mansuar Island, Chicken Reef (gugus terumbu karang dengan arus kuat di atas tapi tenang di dalam), Mike’s Point, Manta’s Point (Pulau Arborek), Blue Magic, dan lainnya.

4. Keindahan Tersembunyi Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur

Tempat wisata di Indonesia yang menempati rangking keempat versi solosoloku adalah Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur. Nama Derawan mungkin terdengar masih asing bagi para wisatawan. Padahal keindahan bawah laut yang dimiliki Kepulauan Derawan tak kalah dengan lokasi menyelam lainnya. 
Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur
source
derawan indonesia
source
Kepulauan dengan empat pulau utama yakni Maratua, Derawan, Sangalaki dan Kakaban ini merupakan tempat hidupnya aneka biota laut. Di pulau seluas 1,27 juta hektar ini pula para diver bisa menemukan tak kurang dari 460 jenis karang, 870 jenis ikan, termasuk kuda luat kerdil sampai manta raksasa.

5. Keindahan Karang Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Tempat wisata di Indonesia yang menempati rangking kelima versi solosoloku adalah Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.
wakatobi
source
wakatobi
source
Wakatobi sebagai tempat menyelam terindah. Tempat menyelam yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Wakatobi ini telah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh UNESCO sejak 1996. Wakatobi memiliki hingga 750 jenis koral dengan 25 buah gugusan terumbu karang. Kedalaman lautnya bervariasi, yang terdalam mencapai 1.044 meter dengan jarak pandang sekitar 15 – 80 meter dan arus yang bersahabat.

Nah itu tadi 5 rangking destinasi laut yang wajib kamu kunjungi versi solosoloku dan masih banyak lagi lho destinasi bawah laut yang asik dan membuat kita terpanggil untuk mendatanginya! 


This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement