-->

Sunday, February 14, 2016

11 Perayaan Hari Valentine Di Dunia

author photo
Hari Valentine Di Dunia - Hari Valentine atau Valentine Day merupakan perayaan hari kasih sayang terbesar di dunia. Maka tak lengkap jika kita tidak membahas Hari Valentine Di dunia
hari valentine di dunia
hari valentine di dunia (source)

Karena perayaan hari Valentine tidak cuma bagi-bagi coklat ke pasangan, sebelumnya sudah pernah di bahas di 7 Fakta Unik Hari Valentine. Penasaran dengan perayaan di setiap negara? Berikut 11 Perayaan hari valentine di dunia:


1.Filipina 

hari valentine di filipina
valentine di filipina (source)

Negara ini punya tradisi unik dalam merayakan Valentine. Banyak pasangan di Filipina berkumpul di suatu tempat pada tanggal 14 Februari. Kemudian, terdapat seorang pendeta akan memimpin suatu upacara pernikahan untuk mereka. Sekitar 2.000 pasangan setiap tahunnya di filipina yang merayakan tradisi  Valentine dengan acara pernikahan. Disamping itu, banyak pasangan yang udah menikah juga mengikuti acara untuk memperbarui sumpah pernikahan.


2.Inggris

Hari Valentine di Inggris lebih banyak dirayakan oleh perempuan single dan anak-anak. Para perempuan single akan menyimpan beberapa helai daun di balik bantal pada malam sebelum Valentine. Ada juga yang menyelupkan daun-daun tersebut ke dalam air mawar sebelum disimpan. Harapannya, pria yang akan menjadi suami mereka kelak bakal datang lewat mimpi. Kemudian banyak anak-anak di Inggris menganggap Valentine sebagai momen pesta permen. Mereka akan menunggu Jack Valentine, Santa Klaus-nya hari Valentine, yang mengetuk pintu rumah sebelum meninggalkan permen dan hadiah.
hari valentine di inggris
valentine di inggris (source)
Untuk para pria di Inggris mereka akan memberikan sebuah sendok cantik yang terbuat dari kayu kemudian diukir dengan simbol-simbol tertentu. Setiap ukiran pada sendok kayu punya arti tersendiri. Contohnya saja, pola ukir sepatu kuda yang memiliki arti roda keberuntungan dan suatu dukungan. Sedangkan untuk  sendok memiliki ukiran kunci melambangkan kunci menuju hati orang terkasih. Sendok tersebut merupakan salah satu hadiah tradisional paling romantis di dunia lho, karena mereka membuat sendiri hadiah terrsebut.


3. Afrika Selatan

hari valentine di afrika selatan
valentine di afrika selatan (source)
Di negara ini, untuk seseorang yang suka memendam perasaannya akan terbongkar di hari Valentine. Pasalnya, para perempuan di Afrika Selatan merayakan hari kasih sayang tersebut dengan memakai pin hati pada baju mereka saat Valentine. Di pin hati tersebut tertulis nama laki-laki yang mereka kagumi. Maka dari itu, perasaan yang dipendam selama ini akan terbongkar. Kemudian, untuk kaum adam Afrika Selatan menjadikan hari Valentine sebagai momen untuk mengetahui pengagum rahasia kaum hawa. Mereka pun bakal menetahui dan mengenal perempuan yang dirasa cocok sebelum mengungkapkan rasa kasih sayang. Cara merayakan Valentine seperti ini berasal dari tradisi Romawi Kuno yang dikenal dengan nama Lupercalia. Perayaan yang sangat unik!


4. Denmark

hari valentine di denmark
valentine day denmark (source)

Di negara ini perayaan hari valentine diwarnai dengan tradisi tukar kartu yang dilakukan oleh kaum adam untuk kaum hawa yang dia suka. Pertukaran kartu ini disebut dengan pertukaran kartu terkasih di 14 Februari. Untuk kaum adam akan memberikan sebuah surat untuk di berikan kepada kaum hawa yang ia suka, surat tersebut berisi puisi cinta, di akhir surat tertulis nama samaran. Tugas para kaum hawa adalah menebak pengirim surat tersebut. Jika tebakannya benar, mereka berhak pergi jalan bareng atau istilahnya ngedate.


5. Italia

hari valentine di italia
baci peruniga valentine (source)
Di negara ini, banyak juga perempuan single yang merayakan hari Valentine. Pada tanggal 14 februari, merayakan valentine dengan bangun sebelum matahari terbit. Mereka percaya bahwa semakin cepat bangun saat Valentine, maka mereka akan semakin cepat menemukan jodoh dan cepat menikah. Sekarang, hari Valentine juga dirayakan dengan pertukaran hadiah dan makan malam romantis antara laki-laki dan perempuan yang saling menyayangi. Salah satu hadiah Valentine yang populer adalah Baci Perugina. Baci Perugina merupakan makanan manis terbuat dari hazelnut berlapis coklat, dibungkus kertas perak, dan ditulisi berbagai kutipan romantis dalam empat bahasa. Keren!


6. Perancis

hari valentine di perancis
valentine day perancis (source)

Mendengar kata Perancis pasti teringat akan kota Paris yang terkenal dengan negara paling romantis di dunia. Di negara ini, para laki-laki dan perempuan merayakan hari Valentine dengan berkumpul di sebuah rumah. Para laki-laki akan mencari perempuan yang cocok menurutnya. Jika mereka tidak menemukan kecocokan pada seorang perempuan disana, laki-laki itu bisa beralih pada perempuan lain dan terus mencari. Pada akhir acara, para perempuan yang merasa kecewa karena tidak dapat menemukan pasangannya mereka akan berkumpul di sekitar api unggun sembari membakar foto laki-laki tersebut. Namun, tradisi ini sudah dilarang oleh pemerintah Perancis karena perayaan dengan cara ini semakin tidak terkendali.


7. Korea Selatan

hari valentine di korea selatan
valentine day korea selatan (source)

Sangat asik Valentine di negara ini, perayaannya sampai berlangsung selama tiga bulan. Pada 14 Februari, mereka merayakan hari Valentine. Sebulan kemudian, pada 14 Maret, mereka merayakan hari putih, dimana para kaum adam membalas apa yang telah diberikan kaum hawa pada hari Valentine. Setelah itu perayaan Valentine akan terus berlanjut sampai 14 April. Di bulan ini giliran para single yang merayakan merayakan Valentine. Hari itu disebut  dengan hari hitam, dimana para single akan merayakannya Valentine dengan memakai baju serba hitam dan memakan hidangan khas, yakni mi bersaus kental warna hitam yang bernama Jajangmyeon dan minum kopi hitam.


 8. Jepang 

hari valentine di jepang
valentine day jepang (source)

Mendengar Jepang, pasti teringat akan symbol negara yang amat romantis yaitu bunga sakura. Di Jepang perayaan hari valentine terlebih untuk para perempuan jepang memberikan cokelat yang menandakan suatu hubungan yang berbeda. Mendengar cerita di tahun 1890-an perusahaan cokelat jepang melakukan kampanye lain yang disebut white day atau hari putih. Sejak  itu tanggal 14 februari menjadi tradisi bagi kaum laki-laki untuk membalas perasaan mereka bagi perempuan perempuan yang memberi cokelat di hari Valentine. Mirip dengan korea selatan sih, tapi sangat romantis.


9. Taiwan

hari valentine di taiwan
valentine day taiwan (source)

Di negara ini perayaan hari valentine berkebalikan dari perayaan hari valentine di Jepang atau Korea Selatan. Dimana perayaan hari Valentine, para laki-laki memberi cokelat duluan sedangkan para wanita membalas budi di white day yang dirayakan pada tanggal 14 maret.


10. Solvenia

hari valentine di solvenia
valentine day solvenia (source)

Pada tanggal 14 febuari di Solvenia, kebanyakan mereka merayakan hari valentine dengan hari kerja pertama di ladang. Mereka percaya hari tersebut hari baik untuk mulai bekerja di kebun anggur dan ladang. Kemudian, tanggal 12 maret pada hari saint gregory dimana masyarakat merayakan cinta di hari tahunan mereka dan  tanggal 22 febuari merupakan hari saint vincent, setelah itu di tanggal 13 juni  yaitu hari kasih saint anthony sebagai hari untuk merayakan cinta. 


11. Finlandia Dan Estonia

hari valentine di finlandia dan estonia
valentine day finlandia and estonia (source)

Di Finlandia dan Estonia hari valentine lebih ke perayaan persahabatan dari pada perayaan hari cinta yang romantis. Pada tanggal 14 febuari disebut dengan hari "ystavan paiva" dalam bahasa finlandia dan "sobrapaev" di estonia, yang cecara harafia diterjemahkan menjadi hari pertemanan. orang-orang Finlandia Dan Estonia merayakan hari Valentine dengan bertukar kartu dan hadiah antar teman dengan ucapan"happy friends day" bukan "happy valentine day".

Nah itu tadi beberapa perayaan hari valentine di dunia, perayaan valentine atau hari kasih sayang sebenarnya bisa kita lakukan setiap hari, tanpa harus menunggu datangnya Hari Valentine, karena mengungkapkan rasa cinta kepada si dia bisa dilakukan setiap hari, setuju? Selamat hari valentine untuk kamu yang sudah membaca artikel ini. Jika kamu menyukai artikel ini, jangan lupa komen dan share ya.

Baca Juga: 7 Fakta Unik Hari Valentine Yang Harus Kamu Tau

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement