-->

Tuesday, March 15, 2016

Sim Card Disulap Menjadi Emas, Bagaimana Bisa?

author photo
Mengolah Sim Card Menjadi Emas - Siapa sangka limbah elektronik yang di klaim selain membahayakan lingkungan dan tidak ada harganya, kini bisa disulap menjadi tambang emas yang sangat bernilai harganya. Berawal dari perusahaan "Yokohama Metal Co Ltd" sebuah perusahaan pemulung di Jepang yang menemukan fakta bahwa Sim Card handphone mengandung logam mulia mahal yaitu Emas.
Mengolah Sim Card Menjadi Emas
source
Meskipun kandungan emas yang terdapat dapat satu sim card sangat sedikit mungkin banyak orang yang belum mengetahui fakta ini. Lalu, bagaimana jika terkumpulnya 1 juta keping sim card yang di buang secara percuma? maka jangan heran kiloan emas murni menggenggam Anda. Penasaran dengan mengolah simcard menjadi emas?

Berikut cara mengolah sim card menjadi emas :


Mengekstrak Sim card dengan Asam Nitrat

Mengolah Sim Card Menjadi Emas

Dilansir dari Agus Sunarto, Asam Nitrat (HNO3) merupakan larutan kimia yang harus selalu tersedia untuk proses pengolahan. Larutan ini merupakan senjata utama untuk proses ekstraksi perak dan palladium pada simcard karena kandungan logam emas yang terdapat dalam sim card akan larut bersamaan dalam Asam Nitrat. Selain itu Asam Nitrat digunakan untuk memurnikan emas.

Mengolah Sim Card Menjadi Emas
Untuk penggunaan sebaiknya Asam nitrat di larutkan terlebih dahulu dengan air sebelum mengolah simcard menjadi emas. Perbandingan air dan asam nitrat yaitu 1 : 1 agar tidak timbul asap berlebihan pada logam simcard yang sudah di larutkan oleh cairan tersebut. Anda perlu ingat ketika logam tersebut larut dalam asam Nitrat, asap yang dihasilkan akan berwarna orange dan jangan sekali-kali menghirup asap ini karena dapat merusak organ dalam tubuh kita. Setelah proses ekstraksi selesai, tiriskan simcard dari cairan hitam tersebut karena cairan hitam tersebut yang justru mengandung emas. Endapkan cairan hitam kurang lebih 1 hari, kemudian tiriskan dengan saringan halus. Anda akan melihat gumpalan berwarna hitam keemasan yang bercampur dengan logam lainnya dan leburkan gumpalan hitam keemasan tersebut jadilah emas murni.


Mengekstrak Sim Card dengan Larutan Acid Peroxide

Mengolah Sim Card Menjadi Emas

Caranya masih sama namun larutan yang di gunakan berbeda. Namun penggunaan cairan ini dapat memakan waktu lebih lama dibandingkan Asam Nitrat, larutan Acid Peroxide mempunyai kelebihan yaitu dapat menghindari adanya emas yang terlarut karena ion Cl- dalam larutan Asam Nitrat. Untuk penggunaan AP(Acid Peroxide) bisa dilakukan secara berulang-ulang  sehingga penggunaannya lebih efisien.

Nah, untuk Anda yang ingin mencoba mengolah sim card menjadi emas, jangan lupa akan faktor keamanannya yaitu memakai sarung tangan memakai pakaian yang menutupi serta melindungi tubuh dan wajah Anda ketika menggunakan zat kimia diatas saat melakukan ekstraksi, karena sedikit cipratan saja dari asam nitrat bisa membuat kulit Anda terluka dan lukanya pun sulit di sembuhkan tak jarang meninggalkan bekas dalam jangka waktu yang cukup lama. Untuk itu selalu berhati-hati ketika Anda berurusan dengan bahan kimia yang berbahaya demi keselamatan Anda dan jauhkan dari jangkauan anak kecil. Anda tertarik untuk melakukan cara diatas? Jangan lupa share dan komentarnya dibawah ya.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Aneh Dengan Gaji Besar

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement