-->

Tuesday, May 24, 2016

Nantikan, Terangnya Planet Mars Menyinari Bumi Pada 30 Mei

author photo
30 Mei Planet Bumi Dan Mars BerdekatanBulan ini peristiwa astronomi langka akan kembali menyapa bumi tepatnya 30 mei 2016 malam nanti. Jika sebelumnya ibu pertiwi telah di suguhkan dengan Indahnya momen gerhana matahari total yang tepat melintas diatas garis katulistiwa. Kali ini kita bakal di suguhkan kembali dengan sebuah fenomena alam dimana planet bumi dengan planet mars saling berdekatan.


Apa Efek Planet Bumi dan Mars Jika Berdekatan?

30 Mei Planet Bumi Dan Mars Berdekatan
[img source]
Ilmu astronomi menjelaskan bahwa setiap planet di tata surya pasti memiliki orbit masing-masing. Di masa orbitnya, planet bumi dengan planet mars akan berada pada sisi yang sama. Kemudian ada kalanya kedua planet tersebut berada pada posisi yang berbeda pula. 

Nah, fenomena alam yang akan terjadi pada 30 Mei 2016 besok merupakan fenomena langka dimana planet bumi, mars serta matahari akan sejajar dan semakin dekat. Dalam ilmu astronomi sendiri menyebutkan fenomena langka ini biasa disebut dengan oposisi. Peristiwa tersebut akan memberikan efek terang bumi, berkat cahaya yang berasal dari planet mars.


Jarak Bumi Dengan Mars

30 Mei Planet Bumi Dan Mars Berdekatan
[img source]
Jarak orbit terjauh antara planet bumi dan mars mencapai 401 juta kilometer. Pada tanggal 30 mei 2016 nanti, jarak antara kedua planet tersebut hanya sekitar 75,3 juta kilometer saja.
Yang sebelumnya jarak terdekat antara bumi dan mars sendiri mencapai 55,76 juta kilometer, rekor ini terjadi di tahun 2003 silam. Namun, Jarak terdekat tersebut akan kembali terulang di tahun 2287 mendatang.


Keuntungan NASA Untuk Misi Insight

Misi Insight Nasa 30 Mei Planet Bumi Dan Mars Berdekatan
[img source]
Kedekatan antara bumi dengan mars ini tentu akan menguntungkan bagi para peneliti (NASA) untuk kembali mengirim astronot mereka dalam misi pengamatan mars (InSight). Pasalnya, jika di tempuh menggunakan pesawat luar angkasa sekitar 128-308 hari tergantung kecepatan. Karena pada 30 mei 2016 mendatang jarak bumi dengan mars sangat dekat. 

Fenomena langka ini akan bisa Anda lihat disaat matahari mulai tenggelam hingga matahari terbit pada tanggal 30 mei 2016. Di malam hari Anda dapat menyaksikan planet mars dengan terangnya menyinari planet bumi dengan bentuk planet mars yang akan terlihat lebih besar. 

Nah, itu tadi sekilas tentang berita astronomi yang akan terjadi pada 30 Mei mendatang. Jangan lewatkan fenomena langka ini bersama orang-orang terdekatmu ya, kalo perlu abadikan moment langka ini.

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement