-->

Tuesday, March 1, 2016

11 Fakta Unik Tahun Kabisat Di 29 Februari

author photo
Fakta Unik Tahun Kabisat Di 29 Februari Tahun ini menjadi tahun yang unik karena selain banyak tanggal merah dan libur panjang, tahun ini juga punya kelebihan hari yang dikenal dengan sebutan Tahun Kabisat. Bulan Februari yang biasanya memiliki 28 hari di kalender,  Di Tahun ini bulan Februari memiliki 29 hari.
Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari

Keunikan tersebut sebenarnya berawal sejak tahun 1500, oleh astronom Kaisar Julius Caesar, Sosiogenes yang menciptakan kalender Julian dengan menggunakan perhitungan 365 1/4 hari dalam setahun. Penasaran dengan keunikan Tahun Kabisat?
Berikut 11 Fakta Unik Tahun Kabisat Di 29 Februari:

1. Awal Mula Tahun Kabisat

Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari
source
Awal mulanya, bumi membutuhkan waktu 365 1/4 hari untuk mengelilingi matahari, kemudian 365 1/4 hari itu akan menambah satu hari menjadi 366 dalam waktu Empat tahun di hari yang akan datang, sehingga disebut sebagai Tahun Kabisat.

2. Tahun Kabisat Tidak Selalunya Jatuh Di Tahun Yang berakiran Seratus

Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari
source
Menurut penanggalan Gregorian, pada tahun 2000 merupakan Tahun Kabisat. Namun berbeda dengan tahun 1600, 1700, 1800 dan 1900 tahun tersebut  bukanlah tahun kabisat.

3. Banyak Hal Buruk Di Tahun Kabisat

Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari
source
Di Rusia, Tahun Kabisat merupakan tahun terburuk untuk para petani. Tahun tersebut menjadi fakta yang sangat menghebohkan di Rusia dan Skotlandia, tak hanya membawa cuaca buruk, Tahun Kabisat di percaya orang Rusia jika menanam tumbuhan di Tahun itu, tanaman akan tumbuh terbalik. Di Skotlandia pun demikian, bahwa Tahun Kabisat membawa hal buruk bagi peternak.

4. Banyak Kelebihan Khusus Bagi Seseorang Yang Lahir Di Tahun Kabisat

Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari
source
Ahli astronom percaya, bagi bayi yang lahir di tahun kabisat akan mempunyai bakat istimewa, pribadi unik bahkan orang tersebut punya kekuatan tersembunyi seperti beberapa orang - orang hebat ini  yang lahir di tanggal 29 Februari yaitu pencipta puisi terkenal Lord Byron, rapper unik Ja Rule dan atlet sepak bola hebat Darren Ambrose.

5. Julukan Bagi Mereka Yang Lahir Di Tahun Kabisat

Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari
source
Untuk seseorang yang lahir di Tahun Kabisat, mereka akan disebut sebagai 'Leaping' atau 'Leaper'. Mereka yang lahir di tahun itu akan merayakan ulang tahunnya 4 tahun sekali. Di Amerika Serikat banyak orang dari segala penjuru dunia datang untuk merayakan Tahun Kabisat ini dengan perayaan parade balon udara, karnaval dan berbagai lomba-lombar yang di ikuti para leaper atau leaping, maka jangan heran bila Amerika Serikat khususnya di Kota Anthony, Texas menjadi Ibu kota Leaper seluruh dunia.

6. Ulang Tahun Para Leaping Di Hongkong

Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari
source
Berbeda dengan orang - orang leaping di seluruh dunia yang  hanya merayakan ulang tahun 4 tahun sekali. Di Hongkong  ulang tahun resmi bagi mereka yang lahir  pada tanggal 29 februari adalah tanggal 1 Maret.

7. Sangat Jarang Orang Yang Lahir Di Tahun Kabisat

Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari
source
Orang yang Lahir di Tahun kabisat sangat sedikit yaitu 1 : 1.461 kelahiran di Seluruh Dunia. Hal ini menjadikan orang kabisat adalah orang yang di spesialkan.

Baca Juga: 14 Fakta Mengerikan Di Dunia Yang Belum Kamu Ketahui

8. Lahir Dan Meninggal Di Tanggal Yang Sama

Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari
souce
Banyak orang percaya, entah itu suatu kebetulan atau bukan mereka yang lahir di 29 febuari akan meninggal di 29 Februari Juga. Seperti orang - orang ini yang lahir di tahun kabisat adalah James Milne Wilson, Pemimpin ke 8 Tasmania. Mereka lahir pada tanggal 29 Februari 1812 dan meninggal di tanggal yang sama yaitu 29 Februari 1880.

9. Keluarga Leaping Terbanyak Di Dunia

Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari
source
Keluarga pemegang kelahiran Leaping terbanyak di dunia adalah keluarga Keogh dari Inggris dan Irlandia. Selama tiga generasi, keluarga Keogh selalu memiliki keturunan yang lahir di Tahun Kabisat 29 Februari.

10. Pria Yang Menolak Lamaran Wanita Di Tahun Kabisat Akan Di Denda

Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari
souce
Legenda St. Bridget memang dikekalkan oleh Sang Ratu Margaret dari Skotlandia. Pada tahun 1288, ketika sang ratu masih berusia 5 tahun.  Sang Ratu mengatakan bahwa 29 Februari seharusnya menjadi hari kebesaran bagi wanita, dimana hari itu para wanita bisa melamar siapapun yang mereka inginkan. Untuk pria yang menolak lamaran tersebut, mereka wajib membayar denda. Seperti yang dilakukan St.Patrick yang membayar denda dengan memberi ciuman dan gaun sutra.

11. Menikah di Tahun Kabisat Akan Bawa Nasib Buruk

Fakta Unik Tahun Kabisat 29 februari
source

Berbeda dengan kepercayaan orang-orang di Yunani yang sampai sekarang dilakukan, banyak pasangan justru menolak menikah di Tahun Kabisat itu, mereka percaya hal itu akan membawa nasib buruk terhadap pernikahannya.
Kepercayaan itu juga dianut oleh orang Italia. Sampai mereka ada pribahasa yang sangat terkenal di italia, orang italia menyebut " Anno bisesto, anno funesto" yang berarti Tahun Kabisat, Tahun Sial.

Nah itu tadi 11 fakta unik tahun kabisat, jika merasa artikel diatas bermanfaat atau ada yang kurang jangan lupa komen dan share ya mengenani Tahun Unik Ini.

Baca Juga: 15 Fakta Unik Negara Jepang Yang Bikin Kamu Heran

This post have 0 comments


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement